Sejarah OpenSuse

OpenSuse berawal dari kata SUSE. SUSE yang sebelumnya bernama SUSE Linux dan SuSE Linux Professional,, adalah salah satu distro Linux yang berasal dari Jerman. SUSE awalnya merupakan pengembangan dari distro Slackware namun kemudian menjadi varian tersendiri yang populer.





Nama SUSE sendiri berasal dari bahasa Jerman(Software- und System-Entwicklung, yang artinya berarti pengembangan -perangkat lunak dan sistem). Ada informasi tidak resmi yang mengatakan bahwa S.u.S.E berhubungan dengan ilmuwan komputer Jerman Konrad Zuse karena lafal pengucapan namanya yang sama. Secara umum, nama SUSE lebih dikenal sebagai singkatan dari Software und System Entwicklung.

Pada tahun 2003 Novell melakukan akuisisi terhadap SUSE Linux Gmbh, perusahaan yang menangani produksi dan distribusi SUSE Linux. Novell sendiri dikenal sebagai salah satu penyedia sistem jaringan yang cukup terkenal dimasanya, yaitu Novell Netware.

2 tahun setelah akuisisi, tahun 2005 Novell mengumumkan perubahan mekanisme pengembangan SUSE Linux dengan meluncurkan protyek openSUSE, yaitu proyek pengembangan SUSE Linux yang terbuka (open) bagi komunitas open source diseluruh dunia. Peluncuran proyek openSUSE sekaligus menjadi awal konsolidasi distribusi SUSE Linux. Jika dimasa sebelumnya ada versi professional, personal maupun education, sejak peluncuran proyek openSUSE Novell membagi SUSE Linux kedalam 2 distribusi utama, yaitu :

SUSE Linux Enterprise : SUSE Linux yang memiliki lisensi komersil untuk dukungan support dari pihak Novell. SLE ditujukan untuk perusahaan yang memerlukan dukungan profesional bagi support sistem. SLE terdiri dari 2 paket, yaitu

SUSE Linux Enterprise Server : SLES untuk sistem operasi dan aplikasi server
SUSE Linux Enterprise Desktop : SLED untuk sistem operasi dan aplikasi desktop

openSUSE : sebuah proyek komunitas, disponsori oleh Novell dan menjadi dasar bagi pengembangan SLE.

Sejarah

openSUSE bermula di awal tahun 1990-an di mana Linux terdiri dari sekitar 50 keping disket dan dapat diunduh/diambil lewat internet, tetapi pengguna potensial yang memiliki koneksi internet tidaklah banyak. Kemudian S.u.S.E. GmbH menghimpun disket-disket Linux yang dapat dibeli (tanpa harus memiliki koneksi internet). SuSE tersebarluas oleh Suse GmbH dengan lokalisasi instalasi dalam bahasa Jerman dan dengan itu menciptakan distribusi dari banyak pengguna berbahasa Jerman. Alat instalasi dari Slackware diganti dengan YaST hasil pengembangan Suse GmbH sendiri. Mulai April 1994 Paket Suse-Linux Versi 1.0 mulai menggunakan CD, tidak lagi dalam disket (yang sudah mencapai 70 keping).

Versi pertama yang berdiri sendiri terlepas dari Slackware diterbitkan pada Mei 1996 dengan nama S.u.S.E. Linux, versi 4.2. Penomoran 4.2 dalam versi ini diakibatkan dari diskusi panjang di mana penomoran versi 1.1 ditolak dan angka 42 lebih disukai karena merupakan “jawaban dari segala pertanyaan terhadap segala pertanyaan” (Answer to Life, the Universe, and Everything) menurut roman karya Douglas Adams The Hitchhiker’s Guide to the Galaxy. Pada versi ini untuk pertama kalinya, dalam distribusi dengan 3 CD, disertai sebuah Live-Filesystem.

Mulai dari versi 4.2 angka penjualan Suse Linux meningkat tajam. Pengguna professional di pasar Linux menuntut produk yang sesuai, maka mulai versi 5 ditawarkan produk SuSE Business Linux. Konsep ini kemudian tetap dijual melalui SUSE Linux Enterprise Server (SLES), yang boleh diperoleh di samping siklus rilis dan pembaruan yang panjang dengan dukungan tawaran dan pelatihan yang beragam.

Suse Linux yang sampai pada versi itu hanya mendukung platform Intel i386, pada versi 6.1 mulai juga mendukung platform DEC, Alpha AXP dan platform PowerPC pada versi 6.3. Kedua distribusi memiliki pengaruh penting bagi pengembangan kualitatif Distribusi Suse Linux. Pada perkembangan berikutnya tersedia juga versi SuSE Linux untuk sistem AMD Athlon 64, Intel Itanium dan IBM 390 (Z-Series).

Mulai versi 7.0 sampai dengan 9.1 tersedia dua versi Suse Linux: Personal dan Professional. Di samping itu tersedia juga versi bagi pelajar. Paket pembaruan dengan harga yang pantas untuk versi Professional juga tersedia tanpa cetakan buku pedoman administrasi. Pada 4 November 2003, Novell mengumumkan bahwa mereka akan mengakuisisi SuSE.Templat:QifTemplat:QifTemplat:QifTemplat:QifTemplat:QifTemplat:QifTemplat:QifTemplat:QifTemplat:QifTemplat:Qif Akuisisi ini diselesaikan pada Januari 2004.Kennedy, D. (2003). Novell’s Linux buy opens road to top. Retrieved December 20, 2003. SuSE 9.1 merupakan versi pertama di bawah Novell. Salah satu perubahan yang terjadi adalah mulai Juni 2004, di samping instalasi melalui FTP, CD untuk instalasi dasar tersedia di internet. Juga pada edisi Professional dipasarkan dengan keping DVD kedua yang berisi perangkat lunak untuk sistem 64-Bit (AMD64 dan Intel 64) (versi 64-Bit SuSE 9.0 dijual terpisah). Pada April 2004 YaST ditempatkan di bawah Lisensi Publik Umum GNU. Pada 4 Agustus 2005, juru bicara dan direktur hubungan masyarakat Bruce Lowry mengumumkan bahwa pengembangan SUSE Professional akan lebih terbuka dan bersama dalam proyek komunitas openSUSE berupaya meraih perhatian yang lebih luas dari pengguna dan pengembang . Lebih terbuka dengan memungkinkan pengguna dan pengembang untuk menguji dan membantu mengembangkannya. Sebelumnya segala pengembangan dilakukan hanya oleh SUSE dan versi 10.0 adalah versi pertama dengan pengujian beta oleh publik. Sebagai bagian dari perubahan, akses ke Server-YaST menjadi pelengkap bagi pengguna SUSE Linux.

Maskot dari SUSE secara umum dikenali sebagai gecko (tokek) dan disebut sebagai Geeko, namun sebenarnya adalah seekor kameleon (Chamaeleonidae).

{ 0 komentar... Skip ke Kotak Komentar }

Tambahkan Komentar Anda

Terima Kasih Telah Berkunjung Ke Blog Sederhana Ini.
Silahkan Anda berkomentar di kotak komentar di bawah ini.
Mohon Untuk Tidak :
1. Berkomentar OOT (Out Of Topic)
2. Komentar mengandung SARA

 
Lihat :
Page Rank

Pengikut

Ravy Yansen © 2012 | Template By Jasriman Sukri