FBI Peringatkan Pengguna Android Terhadap Malware



Crime Complaint Center (IC3) milik FBI telah memperingatkan kepada seluruh pengguna Android agar waspada terhadap serangan 2 malware ganas, Loozfon dan FinFisher.

FBI mengatakan bahwa penjahat memanfaatkan malware Loozfon yang menipu pengguna melalui tawaran “kerja di rumah” atau “penghasilan sekian dari kerja dirumah” yang menjanjikan uang dengan nilai yang besar dengan hanya mengirim email.

Cara kerja penyebaran Loozfon ini adalah ketika pengguna tertarik dengan tawaran “kerja di rumah” dan mengklik tautan, maka pengguna akan diarahkan pada sebuah website yang merupakan media Loozfon untuk menginfeksi perangkat yang digunakan pengguna. Loozfon yang telah ter-install akan mencuri rincian kontak di buku telepon dan juga data pribadi pengguna.

“Jika trik ini tidak berhasil, kelompok penjahat memiliki trik lain. Hal ini juga mengirimkan spam yang menyatakan bahwa pengirim email dapat memperkenalkan penerima untuk orang kaya. Ketika link yang disertakan dalam email diklik, malware secara otomatis ter-download ke perangkat,” kata Symantec.

Tak hanya Loozfon, namun turut hadir menebar ancaman, malware FinFisher atau juga sering disebut dengan FinSpy. Malware FinFisher ini memiliki kemampuan memata-matai (spyware) yang juga dilengkapi kemampuan untuk mengambil alih perangkat smartphona atau tablet.

“Ketika diinstal, perangkat mobile dapat dikendalikan dari jauh dan dipantau dimanapun target berada. FinFisher dapat dengan mudah menular ke smartphone ketika pengguna mengunjungi tautan web tertentu atau membuka pesan teks menyamar sebagai update sistem,” menurut laporan.

Seperti yang dilansir dari Tomshardware (15/10/2012), pengguna Android dihimbau untuk tidak mudah percaya dengan tawaran “kerja di rumah” dan tidak mengunjungi situs-situs web yang tak terpercaya. Selain itu pengguna sebaiknya waspada saat membuka email dari orang tak dikenal dan tidak mengklik tautan yang terdapat pada email.

14 komentar:

  1. Semakin canggih teknologi,kriminal pun semakin canggih pula

    BalasHapus
  2. Parapengguna android harus mulai berhati-hati nih. Indonesia sudah terjangkit belum ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau masalah itu saya juga kurang tau gan (-_-")

      Hapus
  3. Penjahatpun kini semakin pintar. Saya heran kenapa ya mereka memiliki kecerdasan yang digunakan untuk merugikan orang lain? Kayaknya kalau di Indonesia penjahat yang cerdas-cerdas itu gak ada, atau belumpernah ketangkap kali ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tu gan saya juga heran. kalo di Indonesia juga ada sebaiknya digunakan untuk memajukan Negara kita ini bukan untuk merugikan orang lain

      Hapus
  4. Biasanya selang beberapa waktu akan ada penawarnya, tapi penjahat gak kalah pintar. Mereka akan membuat modus baru.

    BalasHapus
  5. Semakin canggih suatu negara, maka masyarakatnya akan semakin canggih dalam tindak kejahatan. Untung penegak hukumnya juga dapat mengimbanginya.

    BalasHapus
  6. bagus sekali nih artikelnya, comment back ya :D


    #salam blogger..

    BalasHapus

Terima Kasih Telah Berkunjung Ke Blog Sederhana Ini.
Silahkan Anda berkomentar di kotak komentar di bawah ini.
Mohon Untuk Tidak :
1. Berkomentar OOT (Out Of Topic)
2. Komentar mengandung SARA

 
Lihat :
Page Rank

Pengikut

Ravy Yansen © 2012 | Template By Jasriman Sukri