Pendahuluan Android 2


Selamat siang sobat blogger kali ini saya akan kembali memposting artikel tentang Pendahuluan Android Dengan jumlah aktivasi perangkat Android baru yang mencapai 1,3 juta perharinya, tentu tidak mengherankan bila banyak pengguna baru yang perlu banyak belajar untuk mengenal kecanggihan platform buatan Google ini yang pada kesempatan lainnya saja juga sudah sempat membuat artikel yang sama akan tetapi artikel sebelumnya membahas pada fungsi-fungsi Tekan dan Tahan dan Kustomisasi. Untuk kali ini saya membahas tentang Bunyi dan Panggilan serta Menghemat Daya oke seperti biasa tanpa usah banyak bicara mari kita lanjutkan ketopik

III. Bunyi dan Panggilan

1. Blacklist ContactAnda merasa terganggu dengan panggilan telepon dari seseorang? Tenang! Anda dapat memblokir panggilan dari kontak tersebut dengan cara masuk ke contact atau people pada Android Ice Cream Sandwich dan Jelly Bean. Selanjutnya tekan tombol menu baik fisik atau virtual lalu berikan tanda centang pada “send calls directly to voicemail”.

2. Gold List Contact
Kebalikan dari blacklist contact, gold list contact memungkinkan Anda untuk menandai panggilan dari orang penting dengan menggunakan nada dering khusus. Dengan demikian, Anda tidak perlu melihat ponsel Anda untuk mengetahui siapa yang memanggil Anda. Jika panggilan berasal dari orang yang Anda tunggu, maka Anda dapat langsung mengeluarkan ponsel dari saku Anda untuk segera menjawabnya. Sementara jika panggilan tersebut kurang penting maka Anda dapat mengabaikannya.

3. Nada dering MP3
Anda dapat menggunakan nada dering dari bawaan atau koleksi Anda pribadi. Untuk mengubah nada dering dari koleksi ringtone bawaan, Anda cukup masuk ke settings->sound->phone ringtone. Sementara jika Anda ingin memilih nada dering dari koleksi lagu MP3 Anda, maka Anda cukup mainkan MP3 tersebut dengan masuk ke pemutar musik bawaan ponsel dan menekan menu lalu pilih “set as ringtone”

4. Matikan pemberitahuan email masuk
Apakah Anda sering mendapatkan email spam? Jika jawabannya adalah ya, maka ada baiknya Anda mematikan pemberitahuan email masuk yang boleh jadi mengganggu kenyamanan Anda. Untuk mematikan pemberitahuan email masuk, Anda cukup masuk ke settings->accounts and sync lalu hilangkan tanda centang pada Sync Gmail. Dengan mematikan pemberitahuan email, maka Anda harus masuk ke aplikasi Gmail untuk mengetahui apakah ada email yang masuk ke akun Anda.

IV. MENGHEMAT DAYA

Salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh pengguna Android adalah baterai yang cepat habis. Hal ini bisa dimaklumi mengingat karakteristik perangkat yang selalu terhubung ke internet untuk melakukan beragam aktivitas sinkronisasi. Akan tetapi, Anda setidaknya dapat melakukan langkah-langkah berikut agar baterai smartphone Anda tak cepat habis apalagi ketika sedang melakukan perjalanan.

1. Mematikan Wi-Fi
Ketika Anda sedang dalam perjalanan, mematikan Wi-Fi adalah langkah pertama yang perlu Anda lakukan mengingat antena Wi-Fi ponsel yang menyala tentu akan terus-menerus membuatnya mencari sinyal sehingga baterai pun cepat terkuras.

2. Mematikan Bluetooth
Sama seperti halnya Wi-Fi, dengan membiarkan Bluetooth perangkat Anda menyala, maka baterai ponsel Anda akan cepat habis. Untuk itu segera matikan Bluetooth Anda setelah Anda selesai menggunakannya. Anda juga harus menghindari untuk menggunakan piranti headset Bluetooth ketika melakukan perjalanan jauh. Gunakan headset kabel yang umumnya disertakan dalam paket penjualan ponsel.

3. Mematikan autobrigthness
Autobrightness atau kecerahan otomatis memang memudahkan Anda dalam melihat ke layar ponsel Anda meski pada kondisi lingkungan dengan pencahayaan yang berubah-ubah. Dengan kecerahan otomatis, layar akan berubah kecerahannya mengikuti kondisi cahaya di sekitarnya. Perubahan kecerahan tersebut tentu akan menyedot daya yang cukup besar sehingga mematikan autobrightness tentu menjadi langkah yang sangat penting dalam menghemat baterai ponsel. Untuk mematikan autobrightness silakan masuk ke settings->display->brightness.

4. Power Saving Menu
Pada beberapa merek dan tipe smartphone Android, Anda dapat menemukan menu penghematan daya yang secara otomatis akan menjalankan langkah penghematan daya dengan melakukan penyesuaian setting yang juga dapat Anda atur ulang.

5. Task Manager
Aplikasi yang berjalan dalam mode background, tentu akan menyebabkan daya baterai dari ponsel Anda terkuras tanpa Anda sadari. Untuk itu, menginstal task manager untuk menutup aplikasi yang berjalan dalam mode background tentu akan sangat bermanfaat untuk memperpanjang masa siaga baterai ponsel Anda. Jika Anda menggunakan ponsel Samsung, Anda tidak perlu menginstal task manager dari Play Store karena fungsi tersebut bisa Anda dapatkan cukup dengan menekan dan menahan tombol home selama beberapa saat.

6. Video, Game dan Bunyi Speaker
Memutar video atau bermain game dengan ponsel Anda tidak disangsikan lagi merupakan cara paling cepat untuk menghabiskan baterai ponsel Anda. Untuk itu, jika Anda sedang dalam perjalanan jauh serta memerlukan ponsel Anda agar terus siaga maka Anda harus menahan diri dari dua aktivitas tersebut diatas. Sementara itu, mengatur bunyi ringtone pada volume maksimal juga berperan dalam meningkatkan konsumsi baterai ponsel.

7. Baterai Cadangan atau Powerbank
Jika Anda tidak sanggup melakukan langkah-langkah diatas, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli baterai cadangan atau powerbank. Powerbank sebenarnya merupakan baterai cadangan berupa charger yang dapat Anda gunakan untuk mengisi ulang daya baterai ponsel Anda.

8. Ambil langkah darurat
Jika suatu saat Anda melakukan perjalanan jauh sedangkan baterai ponsel Anda dalam kondisi kritis, sementara Anda harus memastikan ponsel tetap dapat menerima panggilan telepon maka ada baiknya Anda mengambil langkah semaksimal mungkin untuk menekan konsumsi daya baterai. Beberapa cara yang bisa Anda tempuh adalah dengan mematikan Wi-Fi, koneksi data, rotasi layar, menutup semua aplikasi serta mengunci layar lalu segera masukkan ponsel Anda ke saku. Jangan berulang kali mengecek ponsel Anda karena layar yang dinyalakan dan dihidupkan secara berulang tentu akan membuat konsumsi baterai bertambah.

15 komentar:

  1. bro follback blog saya > http://liong-seo.blogspot.com/ saya udh follow di blog sobat, dengan nama liong outsider, ditunggu follbacknya, awas klo ndak follback, hehehe, makasi

    dan mari salink komen biar blog rame :D, maaf linknya,

    BalasHapus
  2. follow sukses soob . . dan artikel yang sangat bermanfaat ..

    BalasHapus
  3. Bagus sob atriklenya :D Kebetulah saya juga lagi nyari hehe

    #Koment Balik Ditunggu Pasang Iklan Murah Hanya 5000/bulan

    BalasHapus
  4. Ravy Yansen : salam RBN juga sob, saya juga member disana, hehehe

    BalasHapus
  5. kk klau hp guwe a10 klau ada sms cuma getar aja cara betulin.a gimana kk maklum hp baru

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaa cari aja dipengaturan om coba otak atik saja semengertinya :D kerusakan saya tidak tanggung
      hahaha

      Hapus
  6. heheheheh Asyik nie android, pgen beli tapi kagak punya uang..... :D

    BalasHapus
  7. Wew ane aja gak tau sebagai pengguna robot ijo

    BalasHapus
  8. Wah bermanfaat nih sob.. Saya izin follow blog ini, follback ya ( jika berminat )

    BalasHapus
  9. Mantap dah gan informasinya ..
    #Salam Sukses RBN

    BalasHapus
  10. wah thx ya mas infonya
    tukeran link yuk

    BalasHapus

Terima Kasih Telah Berkunjung Ke Blog Sederhana Ini.
Silahkan Anda berkomentar di kotak komentar di bawah ini.
Mohon Untuk Tidak :
1. Berkomentar OOT (Out Of Topic)
2. Komentar mengandung SARA

 
Lihat :
Page Rank

Pengikut

Ravy Yansen © 2012 | Template By Jasriman Sukri