Dampak Negatif Menggunakan Laptop Tanpa Baterai

Posting kali ini saya akan membahas tentang Bahaya pengguna Laptop tanpa baterai, selama ini ada dua pendapat yang sama mempunyai alasan yang kuat tentang penggunaan baterai laptop.
Ada yang berpendapat menyalakan laptop dengan AC power dengan ke adaan baterai dipasang bisa memperpendek usia baterai jadi sebaiknya baterai dicopot kalau pakai AC power.
Ada juga yang berpendapat bahwa menyalakan laptop dengan AC power tanpa baterai terpasang bisa merusak komponen-komponen elektroni laptop lebih cepat rusak karena listrik dari power supply lebih besar dari seharusnya diterima laptop. Jadi sebaiknya baterai tetap dipasang. Menurut saya kedua alasan tersebut tidak ada yang salah menyalakan laptop dengan baterai bisa membuat baterai tersebut cepat membengkak. Tapi disisi lain tanpa menggunakan baterai bahayanya lebih besar. Di bawah ini akan saya tulisankan beberapa dampak Negatif dari menyalakan Laptop tanpa baterai :

1. Menyalakan laptop dengan AC power dengan baterai dicopot dapat mempercepat kerusakan komponen elektronik dengan laptop, karena komponen-komponen tersebut akan menerima tegangan dan arus listirk yang berlebihan/tidak seperti biasanya.

2. Menyalakan laptop dengan AC power dengan baterai dicopot tetapi menggunakan stabilisator sedikit banyak juga dapat mempercepat kerusakan komponen kerusakan elektronik dalam laptop karena tegangan dan arus listrik akan langsung menuju ke komponen di dalam laptop tanpa melalui penyesuai tegangan dan sirkuit pengatur ( regulator circuit )

3. Kalau listrik tiba-tiba mati otomatis laptop juga akan mati, dan hal itu terjadi beberapa kali efeknya adalah Hard disk, ram , processor bisa rusak.

4. Sebelum mati listrik pun laptop mu sudah terancam, karena kalau tempat listrik kita mencharger adapter tidak sehat, maka listrik tersebut akan merusaka Hadware laptop secara langsung, jadi lebih baik kita menggunakan baterai dari pada menanggung resiko yang jauh lebih berbahaya.


Melepas baterai hanya untuk bila laptop tidak di gunakan lebih dari 3 hari. Baterai juga bisa dilepas jika pemakaian lebih dari 12 jam Nonstop, dengan socket listrik yang menempel. kalau hanya untuk pemakaian sehari-hari sebaiknya memakai baterai, buat menghindari kehilangan data dan kerusakan system apa bila listrik mati tiba-tiba.
Baterai yang terpasang juga melindungi Hardware dan juga modul-modul Hardware lainya dari lonjakan listrik yang ekstrem, misalnya akibat jika ada petir yang menyambar.

Mungkin saja pada beberapa laptop yang mungkin sudah lebih canggih dalam mengatasi ini misalnya dengan menambah komponen penyesuaia tegangan dan sirkuit pengatur pada adaptor mereka. Namun kamu harus benar-benar yakin jika fitur ini benar ada pada laptop kamu, jika anda kurang yakin apakah laptop kamu aman jika dinyalakan tanpa baterai silakan tanyakan ke service resminya. Dan jika tidak yakin sebaiknya tetap menyalakan laptop dengan menggunakan baterai terpasang untuk menghindari resiko yang lebih buruh.


Semoga bermanfaat :D

22 komentar:

  1. munkin terimu benar jika di atas kertas

    tapi asal lu tau aja, gue udah 3 tahun menggunakan laptop tanpa batery dan alhamdulilah tidak pernah ada kerusakan hardware. soalnya gue pake stabilizer dan UPS pada laptop gue, stabilizer dan UPS gue pasang seri dengan urutan stop kontak, stabilizer, ups, adaptor terus langsung ke laptop. UPS berfungsi sebagai daya cadangan listrik apabila listrik PLN mati, jadi bila terjadi listrik padam, maka ups akan menggantikan listrik PLN. jadi ada waktu untuk men shut down laptop dengan aman, dan tidak merusak data di dalam hard disk, yang disebabkan oleh listrik padam, jadi biarpun listrik padam, laptop tetap aman. dan stabilizer berfungsi sebagai penyetabil tegangan, agar tegangan yang masuk ke laptop tetap stabil. kalau soal daya listrik yang berlebihan yang di hasilkan oleh adaptor laptop itu tidak benar, gue sendiri udah prnah membuktikannya, dengan mengecek tegangan output dari adaptor laptop, dengan menggunakan Multi tester digital bermerk John Fluke buatan USA yang sudah terkenal dan teruji Tingkat akurasiannya dan hasilnya sama dengan daya pada batery pada loptop yaitu 45 watt. adaptor laptop sekarang sudah lebih canggih, tidak seprti adaptor 7 tahun lalu. dimana adaptor laptop sekarang sudah bisa menyesuaikan daya tegangan listrik dengan hardware laptop sehingga daya yang di hasilkan sesuai dengan permintaan hardware.adaptor sekarangpun sudah memiliki fitur universal voltage range, coba anda lihat pada bagian adaptor, disitu tertera tulisan 100-250 Volt. itu artinya adaptor tersebut dapat di gunakan di seluruh negara di dunia, mulai dari jepang yang memiliki tegangan listrik sebesar 100 Volt, negara negara Uni Eropa Dengan tegangan 110 Volt, indonesia yang tegangannya 220 Volt, Hingga amerika Yang tegangannya 250 volt. sebenarnya adaptor laptop sendiri sudah dilengkapi dengan stabilizer, tapi akan lebih baik dan lebih stabil jika di tambah dengan stabilizer servo motor, karena output yang dihasilkan memiliki simulasi Sinus wafe yang lebih baik dari output adaptor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waww rajin sekali kau agan membuat komentar sepanjang ini -_-

      Hapus
  2. kalo udah telanjur gimana gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ilangkan kebiasaan itu gan

      Hapus
    2. yap, ane jg, laptop ane nyala terus dari pagi ampe tengah malam. istirahatnya cm dari tenngah malam ampe pagi... itu batrey ane copot, alhamdulillah, ampe sekarang belom ada gangguan hardware.. tapi fan bawah hidup teruzzz...

      Hapus
  3. Lagh,, percaya,, ka teori,, sepupu gw udah 5 thun,, tuch,,, sering nyala'in laptop tnpa bateray,, tp masih awet2 ajah tuch laptop.a,, trus masih normal lagi,, y9 mantep tuch bateray.a masih bertahan di 3-4 jam lhoo,,
    dia pake tuch bateray.a cuman klo mau ke kampus doank,, dan palingan buat garap tugas2x di kampus,, klo sampe di rumah.a dia maen game seharian tanpa bateray,, dan masih tetep awet koq,,Hahahahahaha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan itu sangat beruntung mungkin sepupu sobat bermain di tempat yang alur listriknya stabil dan kalo memang untuk bermain game dengan waktu yang cukup lama memang lebih baik lepas bateray , Postingan saya ini hanya sekedar memberi masukan saja barang kali ada beberapa rekan kita diluar sana yang membutuhkan. Terimakasih

      Hapus
    2. suai banget gan. ane ndiri juga ampe sekarang tu laptop tanpa batrey,,, nyala teruzzz seharian, istirahtnye cm 7 jam satu hari satu malam.. tp fan nya di pake..

      Hapus
  4. Lagh,, percaya,, ka teori,, sepupu gw udah 5 thun,, tuch,,, sering nyala'in laptop tnpa bateray,, tp masih awet2 ajah tuch laptop.a,, trus masih normal lagi,, y9 mantep tuch bateray.a masih bertahan di 3-4 jam lhoo,,
    dia pake tuch bateray.a cuman klo mau ke kampus doank,, dan palingan buat garap tugas2x di kampus,, klo sampe di rumah.a dia maen game seharian tanpa bateray,, dan masih tetep awet koq,,Hahahahahaha :D

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. Semoga bermanfaat dan Bateray Laptop atau NoteBook sobat awet :D

      Hapus
  6. jadi bingung mau ikutin yang mana.....??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya sobat memakai Bateray dengan terisi penuh jika sobat hanya untuk mengerjakan tugas atau Onile Browsing biasa , akan tetapi jika sobat menggunakannya untuk bermain game sambil mendengar mp3 lebih baik di lepas saja jika sobat bermainnya cukup lama akan tetap sobat harus bisa memastikan keadaan arus listrik disana stabil atau tidak jika tidak jangan coba coba cepat atau lambat dapat merusak keadaan laptop sobat. Terimakasih

      Hapus
    2. ikut kata hati gan,, tp kalo laptop lu nyala trz 24 jam baiknya di lepas..batrey ny

      Hapus
  7. ok thank's gan... . ifonya... . .

    BalasHapus
  8. mantap info nya gan, gk usah peduliin yg komen nya agk pedas...
    biasa itu..

    BalasHapus
  9. mau nanya nih sob, biasanya penggunaan untuk game, minimal berapa jam ya harus lepas baterai?

    BalasHapus
  10. gue gak mau ambil pusing mending gue pasang batery sambil ngecas soalnya di tmpt kami sering mati lampu

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Cara liat listriknya yg stabil gmn??

    BalasHapus
  13. Cara liat listriknya yg stabil gmn??

    BalasHapus
  14. Sdh pengalaman laptop hp yg batterainya sudah jebluk, slama hampr setahun ngidupin laptop tanpa batterai, kok yg kena lcd layarnya, timbul garis-garis noda dead pixel pada layar. Mngkin ada benarnya bila listrik naik turun tanpa stabilizer, bbrp komponen laptop akan kena. Jadi sebaiknya batterai tetap dipasang, kalau sdh habis, ya sdh beli aja yg baru, suatu resiko pemilik laptop, harus mau modal

    BalasHapus

Terima Kasih Telah Berkunjung Ke Blog Sederhana Ini.
Silahkan Anda berkomentar di kotak komentar di bawah ini.
Mohon Untuk Tidak :
1. Berkomentar OOT (Out Of Topic)
2. Komentar mengandung SARA

 
Lihat :
Page Rank

Pengikut

Ravy Yansen © 2012 | Template By Jasriman Sukri