Pendahuluan Android


Dengan jumlah aktivasi perangkat Android baru yang mencapai 1,3 juta perharinya, tentu tidak mengherankan bila banyak pengguna baru yang perlu banyak belajar untuk mengenal kecanggihan platform buatan Google ini. Lantas hal-hal dasar apa saja yang perlu Anda ketahui agar Anda memperoleh manfaat optimal dari menggunakan perangkat berbasis Android ini? Simak tips-tips berikut:

I. TEKAN DAN TAHAN

Menekan tombol pada ponsel tentu adalah hal yang lazim Anda lakukan, tetapi tahukah Anda bahwa dengan menekan serta menahan beberapa saat Anda bisa mengaktifkan beberapa fungsi yang tersembunyi? Nah, berikut ini saya akan share beberapa fungsi tersembunyi tersebut:

1. Tombol Power
Dengan menekan dan menahan tombol power, selain akan membawa Anda pada fungsi menyalakan atau mematikan perangkat juga dapat menjadi jalan pintas bagi Anda untuk mengaktifkan flight mode dan silent mode. Ketika Anda berada di perpustakaan atau sedang mengikuti rapat, dengan menekan dan menahan tombol power Anda dapat secara langsung mematikan nada dering dan getar yang mungkin akan menggangu orang lain. Demikian pula ketika Anda akan naik pesawat, mematikan sinyal komunikasi ponsel juga diperlukan untuk menjamin keselamatan penerbangan Anda.

2. Tombol Search
Kebanyakan perangkat Android telah dilengkapi dengan fungsi pencarian suara (voice search) yang akan menyajikan hasil pencarian Google berdasarkan kata yang Anda ucapkan. Untuk masuk ke fungsi pencarian suara, silakan tekan dan tahan tombol search selama beberapa saat. Jika Anda menggunakan ponsel Samsung, akses pintas ke voice search biasanya dapat Anda temui pada halaman menu. Pada beberapa tipe ponsel, jika Anda menekan dan menahan tombol menu selama beberapa saat maka Anda akan langsung masuk ke search bar Google.

3.Tombol Beranda (home key)
Menekan dan menahan home key selama beberapa saat akan membawa Anda kepada jendela kecil yang menampilkan daftar aplikasi yang barusan Anda buka (recently apps). Dengan demikian Anda tidak perlu repot masuk ke halaman menu dan mencari ikon aplikasi terserbut tatkala Anda ingin membuka kembali aplikasi yang baru saja Anda gunakan.

4. Teks
Tahukah Anda bahwa dengan menekan dan menahan teks Anda dapat mengaktifkan fungsi copy?. Ya, ketika Anda menekan dan menahan teks maka sistem akan secara otomatis menampilkan kursor yang memungkinkan Anda untuk memilih bagian teks yang ingin Anda salin. Setelah Anda menandai teks yang ingin disalin, silakan tekan dan tahan sekali lagi hingga muncul pilihan cut, copy atau paste. Selanjutnya sama seperti langkah pertama, lakukan tekan dan tahan pada bagian kosong hingga kembali muncul menu cut, copy dan paste untuk kemudian Anda pilih paste guna memunculkan teks yang Anda salin.

5. Desktop
Terakhir adalah menekan dan menahan jari Anda pada halaman depan ponsel sehingga akan keluar pilihan untuk menambahkan widget, shortcut, folder hingga wallpeper ke halaman depan.

6 komentar:

  1. Ane belum pernah pake android sob.... tapi thanks dah atas infonya!

    BalasHapus
  2. wowowo....keren tips nya sob! mantap dahhh

    BalasHapus
  3. hmm info yg menarik, nyimak aja dulu :D

    Salam Sehat Sesama Anggota Grup Republik Blogger Nusantara dari Khewayz

    BalasHapus
  4. Android is the best phone OS.... And I like it more than anything..... :D

    BalasHapus

Terima Kasih Telah Berkunjung Ke Blog Sederhana Ini.
Silahkan Anda berkomentar di kotak komentar di bawah ini.
Mohon Untuk Tidak :
1. Berkomentar OOT (Out Of Topic)
2. Komentar mengandung SARA

 
Lihat :
Page Rank

Pengikut

Ravy Yansen © 2012 | Template By Jasriman Sukri